Jakarta (ANTARA News) - Awalnya lagu-lagu kelompok musik Kahitna tidak diterima oleh label (produser musik) di Indonesia, kata pentolan grup musik tersebut, Yovie Widianto, kepada ANTARA setelah manggung di acara Java Jazz Festival 2011,  Minggu. "Syukurnya lagu-lagu kita tidak diterima oleh label-label di Indonesia, akhirnya mendorong kita untuk membuat kira-kira musik apa yang bisa diterima," kata Yovie (kibor) yang ditemui bersama anggota Kahitna lainnya,Mario Ginanjar, Hedi Yunus, Carlo Saba (ketiganya vokalis) dan Andrie (gitar).

Yovie menceritakan, iseng-iseng Andri bermain gitar dan menghasilkan lagu Cerita Cinta yang malah menjadi hits dan digemari para remaja pada 1994, delapan tahun setelah band ini berdiri pada di Bandung tanggal 24 Juni 1986.

"Kita bingung sendiri kok Kahitna malah jadi band Anak Baru Gede (ABG) dan akhirnya lahirlah Kahitna dalam bentuk baru," ujarnya.

Padahal, Kahitna memiliki akar musik jazz dan akrab dengan lagu-lagu standar jazz maupun terpengaruh dengan penyanyi jazz seperti Tania Maria serta berlanjut dengan memenangkan beberapa festival musik tingkat Asia.

"Namun, kami belajar bahwa tidak ada musik yang mudah, coba deh musisi-musisi jazz menciptakan musik pop, apakah bisa didengar orang. Setiap jenis musik ada tantangannya dan Kahitna pun mengalami hal itu," katanya.

Sebagai peringatan atas eksistensi Kahitna selama 25 tahun di dunia musik Indonesia, Kahitna berencana melangsungkan konser pada 15 September tahun ini.

"Sebenarnya prestasi terbesar kami bukan karena memenangkan beberapa penghargaan dari festival-festival musik, namun merupakan kebahagiaan yang luar biasa untuk dapat bertahan sampai 25 tahun dengan persahabatan dan persaudaraan 9 orang," ujar Yovie.

Informasi tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah disajikan di sini akan melakukan salah satu dari dua hal: baik itu akan memperkuat apa yang anda ketahui tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah atau akan mengajari Anda sesuatu yang baru. Keduanya hasil yang baik.

Ia ingin agar Kahitna dilihat sebagai kelompok musik yang memiliki ciri khas tanpa harus anti dengan satu jenis musik apa pun.

"Ibaratnya kalau ada yang memasangkan Slank dengan Iwan Fals, Kahitna --yang sudah menelurkan tujuh album tersebut-- berpasangan dengan Chrisye," tuturnya menyebut salah satu legenda musik Indonesia.

Sebagai persiapan konser tersebut, Kahitna juga meluncurkan kumpulan cerpen dari judul-judul lagu Kahitna.

"Ada beberapa lagu Kahitna yang dijadikan cerpen dan digabung dalam satu novel," kata Carlos, cerpen-cerpen tersebut salah satunya dibuat oleh pembawa acara Indra Herlambang.

"Dijual sekitar tiga bulan sebelum konser, ditambah tiga ada tiga lagu baru, dan ada satu tokoh sejarah musik Indonesia yang akan tampil, jadi menarik kan untuk ditunggu?" tambah Yovie.

Anggota lainnya, Dody Isnaini (bass), Harry Suhardiman (perkusi), D. Bambang Purwono (kibor), Budiana Nugraha (drum) tidak ikut dalam wawancara.
(KR-DLN/H-KWR)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com