Jakarta (ANTARA News) - Sedikitnya acara yang menawarkan ilmu pengetahuan dan pendidikan bagi anak-anak di Thailand, Kamboja, Indonesia, dan Vietnam mendorong Goethe Institut Asia Tenggara memproduksi program ilmu pengetahuan untuk anak-anak di kawasan itu. Sebagai inisiatif dari program "Budaya dan Pembangunan", Goethe-Institut kawasan Asia Tenggara memulai sebuah proyek percontohan pada bulan Oktober 2010, kata Goethe Institut dalam siaran persnya, Jumat.

Proyek ini didukung oleh UNESCO Thailand dan Kamboja, International Central Institute for Youth and Educational Television IZI, Prix Jeunesse International, tvision GmbH and ZDF.

Bagaimanakah komodo berevolusi? Apakah yang dilakukan seorang dalang? Apa yang dikerjakan oleh seorang pilot profesional? Bagaimanakah badan manusia memperoleh tenaga?

Pertanyaan tersebut dan beberapa pertanyaan lainnya akan terjawab melalui program ilmu pengetahuan untuk anak di Asia, yang telah diproduksi bersama oleh tujuh stasiun televisi di Asia Tenggara.

Program pertama disiarkan pada musim panas 2010. Tujuh stasiun televisi swasta dan pemerintah di tujuh negara, seperti Televisi Republik Indonesia/TVRI (Indonesia), Radio Television Malaysia/RTM (Malaysia), Thai PBS (Thailand) dan National Television Kampuchea/TVK (Kamboja) turut ambil bagian bersama 21 wartawan lainnya.

Tahap pertama difokuskan pada pelatihan lebih lanjut bagi para profesional televisi. Antara bulan Oktober dan Desember 2009, dua orang pelatih Jerman Ute Mattigkeit dan Maike Pies, menyelenggarakan workshop untuk para wartawan.

You may not consider everything you just read to be crucial information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

Keduanya spesialis program televisi untuk anak-anak di Jerman.

Mereka mengajarkan cara menulis, mengambil gambar dan menemukan bahasa gambar yang sesuai untuk anak muda dan merangsang keingin tahuan mereka pada pendidikan ilmu pengetahuan.

Setiap stasiun TV  memproduksi kata pengantar, bagian moderasi intermediate dan penutupan sendiri, untuk memastikan  terdapat sentuhan "lokal" dalam serial itu meskipun dengan pendekatan internasional.

Hasilnya adalah sepuluh menit program I got it!.

Spektrum dari topik dan pertanyaan yang dijawab sangatlah luas: Apa fungsi hutan tropis? Darimana asal air minum? Bagaimana kita mendapatkan garam? Mengapa kita harus melakukan daur ulang? Ada banyak pertanyaan menarik di luar sana menunggu untuk dijawab!

Di Indonesia "I got it" akan tayang perdana di TVRI pada 5 Desember 2010, 07.00 WIB. "I Got it" akan ditayangkan setiap hari Minggu.

(ENY/S026)