Panama (ANTARA News) - Salah satu pintu masuk ke Jembatan Centennial yang melintasi Kanal Panama sedang ditutup sementara bagi transit muatan pada Jumat akibat retakan pada trotoar di jembatan itu, ujar Menteri Pekerjaan Umum Panama, Federico Suarez. Suarez mengatakan keputusan penutupan pintu masuk dibuat setelah hujan lebat yang menimbulkan sejumlah retakan pada trotoar di jembatan sepanjang 1.057 meter.

Suarez mengatakan bangunan jembatan itu masih dalam keadaan baik karena rancangannya terpisah dari jalan raya yang rusak, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Jembatan Centennial merupakan satu dari dua jembatan yang menyeberangi kanal itu ? yang lain menjadi Americas Bridge ? dan menghubungkan Panama City dengan kota-kota di kawasan barat negara itu. Pemerintah Panama telah mengawasi keadaan jembatan itu sejak 7 Desember.

I trust that what you've read so far has been informative. The following section should go a long way toward clearing up any uncertainty that may remain.

Sejumlah regu dari kementerian bekerja untuk menstabilkan jembatan, memperingatkan para pengemudi agar sangat waspada dalam melintasi jalan menuju jembatan itu serta jalan raya lain yang mengalami kerusakan yang sama.

Hujan lebat yang turun serta banjir pada pekan ini di sejumlah provinsi di Panama, Colon, dan Darien mengakibatkan sepuluh warga tewas dan menyengsarakan 5.000 warga dengan sekitar 450 tempat tinggal hancur dan 1.290 rusak.

Hujan itu juga memaksa pemerintah untuk menunda pengoperasian Kanal Panama pada Rabu selama 17 jam dan menjadi yang pertama sejak invasi Amerika Serikat pada 1989.

Pemerintah Panama mengumumkan keadaan darurat nasional untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan bagi ribuan warga yang terkena dampak bencana itu serta untuk mempercepat pembangunan kembali kawasan masyarakat yang terkena banjir.
(ANT/A024)