Denpasar (ANTARA News) - Tim Kesenian Bali yang beranggotakan 12 orang dipimpin Ketua Himpunan Museum Bali (IMUSBA) Drs I Nyoman Gunarsa bertolak ke Amerika Serikat untuk menghadiri pamerantentang seni budaya Bali di Asean Art MuseumSan Fransisco AS. "Pameran berskala internasional itu khusus menampilkan karya-karya seni hasil sentuhan seniman Bali pada masa dulu, yang kini menjadi koleksi museum di Amerika Serikat, Belanda dan sejumlah negara lainnya," kata Pande Wayan Suteja Neka yang ikut dalam rombongan tersebut di Denpasar, kemarin.

Ia mengatakan, keberangkatan tim yang terdiri atas pengelola museum dan seniman itu mendapat kepercayaan untuk mewakili pemerintah Provinsi Bali, khususnya Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

"Meskipun materi pameran tidak satupun didatangkan secara khusus dari Bali, namun mempunyai arti yang sangat penting bagi promosi pariwisata Bali ke depan,mengingat seluruhnya materi hasil karya seniman Bali," ujar Suteja Neka, pemilik Museum Neka di perkampungan seniman Ubud.

Rombongan tim kesenian Bali antara lain Anak Agung Gede Rai, pemilik Museum Arma Ubud, Nyoman Gunarsa Ketua IMusba sekaligus pemilik museum Seni Lukis Klasik Semarapura, Kabupaten Klungkung.

Neka menjelaskan, pameran"Bali Art Ritual Performanance" di Asean Art MuseumSan Fransisco AS secara resmi dibuka 25 Februari 2011 berlangsung selama delapan bulan hingga Oktober mendatang.

If you base what you do on inaccurate information, you might be unpleasantly surprised by the consequences. Make sure you get the whole mobil keluarga ideal terbaik indonesia story from informed sources.

Pameran tersebut menampilkan 130 item menyangkutseni lukis, patung, ritual, tenun, karya kontemporer yang menyangkut semua aspek perkembangan Bali sejak zaman pitamaha di Ubud 1930-an hingga zaman modern sekarang.

"Semua karya seni hasil nenek moyang Bali itu selama ini menjadi koleksi sejumlah museum besar dan kolektor seni mancanegara," tutur Pande Wayan Suteja Neka.

Tim kesenian Bali selama dua minggu di sana juga akan menggelar pameran seni lukis di Konsulat RI di AS yang akan dibuka Bubes RI untuk AS Dinopati Djalal, serta mengunjungi pusat film terbesarHollywoord sertamuseum-museum ternama di negeri Paman Sam.(*)

(T.I006/J006)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com